SUMERIA DAN AKKADIA

SUMERIA DAN AKKADIA, Kelompok manusia pertama yang mendiami Mesopotamia adalah bangsa Sumeria lebih dari 7.000 tahun silam. Mereka membangun sejumlah negara – kota merdeka, dikenal sebagai peradaban manusia pertama.
Peradaban Sumeria terdiri atas beberapa negara – kota, yaitu kota-kota yang juga merupakan bangsa merdeka. Beberapa di antaranya terus bertahan selama 3.000  tahun silam. Kota-kota ini terletak di jalur perdagangan penting di sepanjang Sungai Tigris dan Eufrat. Para Pedagangnya berkelana hingga ke Mesir dan India.

SUMERIA DAN AKKADIA
Lembah Sungai Tigris dan Eufrat yang subur menjadi tempat kelahiran perdagangan, kota-kota ini kemudian sering menjadi sasaran serangan pihak luar yang ingin menguasainya.


KOTA-KOTA SUMERIA

Masing-masing negara – kota memiliki gedung umum (balai pertemuan) yang indah, pasar, bengkel kerja, dan sistem pengairan. Ada pula istana dan ziggurat, yang di atasnya terdapat sebuah kuil bagi dewa yang disembah di kota itu. Di sekeliling gedung umum itu terdapat rumah penduduk. Di bagian luar terdapat ladang pertanian dan daerah rawa di Tepi sungai sepanjang Mesopotamia.

BACA DAN TULIS

Orang Sumeria menciptakan salah satu sistem penulisan paling awal yang diketahui, yaitu cuneiform. Sejak sekitar tahun 3200 SM, mereka menulis di atas lempengan yang terbuat dari tanah liat. Para juru tulis memegang peranan kunci di masyarakat. Ribuan peninggalan batu tulis yang ditemukan berisi berbagai laporan, tulisan keagamaan maupun surat. Pada makam orang Sumeria yang ditemukan, dapat diketahui bahwa mereka adalah bangsa yang kaya dan memiliki keterampilan sebagai pengrajin.

Juru Tulis Sumeria
Para juru tulis dan akuntan dipandang penting. Mereka terlibat dalam berbagai segi kehidupan sehari-hari, termasuk dalam sektor perdagangan, hukum dan agama.


PERANG SAUDARA

Sekitar tahun 2900 SM, ketika penduduk kota semakin banyak, kekuasaan berpaling dari para pendeta yang sebelumnya memliki peranan penting dalam masyarakat. Sektor perdagangan secara perlahan menjadi lebih penting daripada agama. Perselisihan antarkota meningkat. Mereka paling berperang  untuk memperoleh  pengaruh. Mereka juga diserang oleh berbagai suku dari Persia, Arab dan Turki yang juga menginginkan kenyamanan dan keuntungan dari kehidupan kota.

AKADIA DAN UR

Akhirnya, kota Akadia menjadi kekuatan yang dominan. Kota tersebut dipimpin oleh Sargon yang mendirikan kekaisaran  pertama di dunia sekitar tahun 2334 SM. Kekuasaan baru ini dapat menciptakan ketertiban yang lebih besar, tetapi sekaligus juga kekejaman dan kekerasan. Sekitar tahun 2100 SM, pengaruh Akadia merosot. Dominasinya diambil alih oleh Ur sebagai kekuatan yang berpengaruh selama satu abad. Setelah Ur runtuh, Asiria dan Babilonia muncul dan menguasai kawasan tersebut.

Kekaisaran Pertama
Pada tahun 2360 SM, Sargon dari Akkadia menyerbu Mesopotamia, kemudian membangun kekaisaran pertama di dunia.


Ziggurat Ur

Ziggurat Ur

ZIGGURAT

Dibangun dari batu bata, bangunan ziggurat yang menjulang tinggi didirikan di kawasan Lembah Sungai. Pembangunan Ziggurat memerlukan keterampilan arsitektur yang baik. Kuil yang berada di bagian puncak dipersembahkan bagi dewa kota. Di tempat ini, para raja sekaligus pendeta melakukan upacara untuk keselamatan kota dan tanah mereka serta untuk menyenangkan para dewa.

Categories : Dunia Purba

RELATED POST

HOT UPDATES

PAGEVIEWS