Manusia Pertama di Dunia Purba

Makhluk paling awal yang menyerupai manusia berevolusi selama jutaan tahun. leluhur kita yan paling mirip manusia sejati baru muncul 50.000 tahun yang lalu.

Hominidae (makhluk menyerupai manusia) pertama adalah Australopithecus. Tulang belulang mereka banyak ditemukan di Afrika Timur. Mereka berjalan tegak dan telah membuat peralatan sederhana dari batu. Namun, boleh jadi mereka bukanlah manusia sejati karena otak mereka jauh lebih kecil daripada otak manusia modern.

Manusia Pertama
Manusia pertama menggunakan batu api untuk membuat alat pengerik, pisau, mata panah, dan alat penggali.
MANUSIA PERTAMA

Homo habilis (manusia terampil) muncul sekitar dua juta tahun silam. Hominidae ini memiliki lebih banyak keterampilan daripada pendahulunya. Mereka hidup bersama-sama Australopithecus Terakhir. Kelompok yang paling maju di antara manusia awal ini adalah Homo erectus (manusia berjalan tegak). Fosil makhluk ini ditemukan di Afrika dan Asia. Mereka telah belajar menggunakan api memasak dan menghangatkan badan sehingga mereka dapat hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain.

NEANDERTHAL

Homo sapiens (manusia cerdas) berkembang dari Homo erectus sekitar 200.000 tahun lalu. Pada saat sama, jenis manusia lain. Neanderthal, yang menyebar di kawasan Eropa dan Timur Tengah, beradaptasi dengan iklim yang lebih dingin pada zaman es terakhir. Neanderthal mengembangkan banyak peralatan sederhana yang terbuat dari batu. Sekalipun demikian, kemampuan mereka masih terbatas. Mereka punah sebelum kedatangan zaman modern. Manusia Neanderthal terakhir yang diketahui mati di Spanyol sekitar 28.000 tahun lalu.

Peta Migrasi Homo Sapiens
Perkembangan homo sapiens yang menyebar di kawasan Eropa dan Timur Tengah dan sedangkan Indonesia.
ZAMAN ES

Zaman es terakhir, berpuncak pada sekitar 16.000 SM, berpengaruh besar pada perkembangan manusia awal. Zaman itu berlangsung dalam kurun waktu 2,3 juta tahun terakhir. Karena sebagian besar perairan membeku, kedalaman laut pada masa itu 90 m lebih rendah daripada keadaan sekarang. Akibatnya terbentuk daratan kering yang terletak di antara Siberia dan Alaska, antara Australia dan Pulau Papua (Irian), dan antara Inggris dan Daratan Eropa. keadaan inilah yang memungkinkan manusia untuk bermigrasi.

Lukisan Lascaux didalam di Gua
Zaman Es yang membuat gambar pada dinding-dinding gua di Lascaux, Perancis Barat Daya.
Di Sejumlah tempat seperti lascaux di Perancis Barat Daya, manusia yang hidup pada zaman es membuat gambar pada dinding-dinding gua, kemungkinan guna menghormati arwah hewan yang mereka buru untuk mendapatkan makanan dan pakaian.
Categories : Dunia Purba

RELATED POST

HOT UPDATES

PAGEVIEWS